Produsen Rokok Diminta Turunkan Kadar Nikotin


Rokok Meski pun produsen rokok kebanyakan berasal dari Amerika Serikat, namun mayoritas penduduk di negeri paman Sam itu menghendaki agar kadar nikotin dalam rokok diturunkan lagi. Tujuannya adalah untuk melindungi anak-anak menjadi pecandu rokok.

Hampir dua pertiga dari sekitar 1.000 orang Amerika yang disurvei mengatakan mereka mendukung pengurangan kadar nikotin dalam rokok sampai dengan kadar yang tidak menyebabkan adiksi.

Survei tersebut melibatkan 511 responden perokok dan 518 orang bukan perokok berusia di atas 18 tahun. Hasil survei juga menunjukkan, 77 persen responden yakin pengurangan kadar nikotin itu akan mengurangi tingkat kecanduan perokok.
Pelarangan rokok juga didukung oleh 43 persen responden, termasuk 55 persen dari kelompok nonperokok dan 33 persen dari kelompok perokok.

Survei tersebut dilakukan oleh Center for Global Tobacco Control dari Harvard School of Public Health dan dimuat dalam jurnal American Journal of Public Health.

Bahaya nikotin bagi kesehatan sudah lama diketahui. Suatu yang baru adalah nikotin menduduki peringkat ke-9 di antara bahan adiktif yang berbahaya. Bahkan, lebih berbahaya dibandingkan ganja (peringkat ke-11) dan ekstasi (peringkat ke-18). Hal itu diungkapkan tim ekspert penilai zat adiktif yang dibentuk Pemerintah Inggris dan dilaporkan di majalah Lancet tahun 2007.

Di Amerika Serikat rokok dianggap sebagai penyebab utama kematian dini pada 400.000 orang setiap tahunnya dan lebih dari 3.800 remaja di sana merokok setiap hari.

Editor : Soegeng Haryadi
Sumber : Kompas.com
Sriwijaya Post – Rabu, 22 Februari 2012

About Iwan Lemabang
aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa. LEMABANG 2008

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s